Kamis, 31 Juli 2014

Kepingan Surga di Tenggara Sumatera Barat

Nagari banai, merupakan nagari setelah silago, lubuak karak, dan koto nan dibawuah yang berada dalam kawasan kecamatan IX Koto, di tenggara sumatera barat, Dharmasraya. Nagari yang hijau karena dikelilingi pepohonan yang rimbun dan bentangan sawah ini terdiri dari 6 jorong yang terbentang memanjang dengan jorong padang hilalang sebagai jorong utama dan jorong banai sebagai pusat kegiatan masyarakat.
Nagari yang dikepalai oleh bapak Darmadi anwar, A. Md merupakan daerah yang dalam proses pengembangan dan perbaikan infrastruktur jangka panjang . Wilayah ini dapat ditempuh dengan waktu 8 jam jika menggunakan bus. Nagari yang kaya dengan hasil pertanian sawit dan karet ini juga dikenal banyak mengolah kekayaan perut bumi berupa tambang emas yang dilakukan secara konvensional. Selain itu, kekayaan budaya lokal dengan aktivitas adat yang masih terjaga cermin keaslian nusantara yang dimilikinya. Dengan adanya kelompok anak suku dalam atau dikenal SAD menambah rentetan deskripsi Nagari Banai, kec IX koto kabupaten dharmasraya ini yang membuatnya berbeda.
Sebuah kehormatan bagi kami, mahasiswa Universitas Andalas untuk ditugaskan untuk mengabdi di Nagari asri ini. Semoga segala bentuk kegiatan yang kami laksanakan memberikan manfaat dan bernilai guna bagi masyarakat setempat.

Like FP : KitoKKNdiBANAI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar